Jumat, 15 Oktober 2010

Pemanfaatan Komputer di bidang Masyarakat

Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan.
Beberapa contoh bidang pekerjaan yang mulai berpengaruh misalnya :
Menyiapkan surat-menyurat sampai menyimpan arsip-arsipnya di kantor.
Bidang animasi untuk membantu pembuatan film kartun dengan memanfaatkan kemajuan-kemajuan dalam bidang grafika komputer dengan mengolah citra.
Membantu pemakai dalam menelusuri indeks subyek dan indeks pengarang di perpustakaan.
Dukungan layanan administratif di rumah sakit seperti data pasien
Pemesanan tiket pesawat terbang dll.
Di negara maju apresiasi masyarakat terhadap komputer lebih merata dibandingkan dengan negara berkembang karena penetrasi komputer di masyarakat rakyat maju sudah lebih lama terjadi. Lebih mudah untuk memberikan apresiasi yang wajar terhadap dampak dari pemanfaatan komputer di masyarakat dilakukan dengan cara yang sama dengan pengamatan terhadap penggunaan lampu lalu lintas untuk mengatasi kemacetan atau pengamatan terhadap pencemaran lingkungan.
Dampak penggunaan komputer bisa mengakibatkan stress. Penggunaan komputer di Indonesia ternyata sudah sangat banyak bahkan bisa dikatakan hampir tidak tidak ada penduduk Indonesia yang tidak menggunakan komputer. Komputer yang terkena virus, terlalu lama menunggu waktu booting serta membetulkan perangkat yang macet adalah masalah sistem komputer yang membuat stress penggunanya. Stress karena perangkat yang tidak optimal menganggu kerja memincu penyakit Sindrome Stress karena komputer atau Computer Stress Syndrome (CSS).
Istilah komputer Stress syndrome sendiri diberikan oleh Murray Feingold, seorang dokter dari AS yang namanya tercantum dalam laporan survei, laporan yang dipublikasikan secara online berjudul COMBATING COMPUTER STRESS SYNDROME. Pencegahan stress juga diperlukan secara fisik maupun psikologis, tips sehat untuk lebih rileks saat bekerja dengan komputer :
- Selalu pilih perangkat yang ergonomis, serta ruangan yang tidak bising.
- Luangkan waktu setiap beberapa menit untuk menarik nafas panjang di belakang komputer.
- Sesekali berjalan keluar ruangan untuk menghirup udara segar.
- Jalin hubungan baik dengan orang-orang sekitar.
Pengaruh lingkungan kerja dan komputer terhadap kinerja karyawan. Dampak positif dan negatif dari ilmu pengetahuan alam terhadap sumber daya manusia, artikel manfaat biologi dibidang pengolahan lingkungan, pengaruh positif dan negatif teknologi tinggi dalam kultur Indonesia, pemanfaatan komputer dalam dunia ekonomi, pengaruh positif dan negatif rokok bagi kesehatan manusia ekonomi bentuk kerusakan lingkungan hidup yang disebabkan oleh faktor alam dan manusia.
Penggunaan komputer seharusnya lebih bersahabat dengan lingkungan. Diperlukan usaha dari seluruh pendidik dunia untuk mengurangi kerusakan lingkungan akibat komputer dan piranti pendukungnya, resiko kesehatan yang dihadapai manusia karena komputer sesungguhnya lebih besar daripada yang diperkirakan. Komputer modern menggunakan energi relatif lebih sedikit saat dioperasikan, tapi banyak energi terbuang percuma kadang mesin dibiarkan selalu menyala walau tidak dipakai sepanjang malam. Banhkan piranti yang hemat energi sekalipun yang secara otomatis mampu merubah dalam mode stand by, tetap bisa memboroskan energi karena mereka secara berkala akan dibangunkan oleh lalu lintas di server bila ia terhubung ke jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar